Kamis, 11 Oktober 2012

Teknik akuntansi sektor publik

TEKNIK AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK


1.         Akuntansi anggaran

Menyajikan jumlah yg dianggarkan dg jumlah aktual dan dicatat secara berpasangan. Banyak digunakan organisasi sektor publik, format akuntansi operasi sejajar dg anggarannya.
Jumlah belanja yg dianggarkan dikreditkan terhadap akun yang sesuai, jika belanja direalisasikan, akun tsb dikreditkan. Tehnik ini dapat membandingkan secara sistematik dan kontinyu jumlah anggaran dengan realisasinya.
Tujuan utamanya menekankan peran anggaran dalam siklus pengendalian, perencanaan, dan akuntabilitas. Jika ada variance dilakukan tindakan koreksi, lebih menekankan bentuk akun daripada isi akun itu sendiri.
2.         Akuntansi komitmen
Mengakui transaksi dan mencatatnya pada saat order dikeluarkan. Terkadang hanya menjadi subsistem dari akuntansi utama organisasi. Tujuanpengendalian anggaran.
3.         Akuntansi dana
Memerlakukan suatu unit kerja sbg  entitas akuntansi dan entitas anggaran yang berdiri sendiri. Sistem akuntansi dana dibuat untuk memastikan bahwa uang publik dibelanjakan untuk tujuan yang ditetapkan. Dana dapat dikeluarkan jika ada otorisasi dari legislatif/eksekutif.
sumber : accounting1st.wordpress

Pendapat saya:
Saya tertarik mengomentari tentang akuntansi komitmen kalo menurut saya ini merupakan perilaku akuntansi. Yang dimaksud perilaku akuntansi adalah adanya etika dalam melakukan proses akuntansi jadi tidak ada yang ditutup-tutupi semua diterangkan secara transparan agar tidak ada kesalahan dalam mencatat. Akuntansi komitmen sangat berguna agar adanya komitmen dalam melakukan proses dari pencatatan,pembukuan sampai pada jurnalnya,agar tidak terjadi kesalahan maka di perlukan komitmen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar